Minggu, 07 April 2013

SEJARAH GERAK BADAN PENCAK MARGALUYU 151 YOGYAKARTA

Gerak Badan Pencak MARGALUYU pada dasarnya dimulai sejak zaman kerajaan Mataram di bawah naungan kejayaan dan keemasan Sultan Agung Hanyokrokusumo. Saat itu ( tahun 1575) dikembangkan oleh seorang pemuda yang yang berasal dari Sunda Kelapa atau Perahiyangan Jawa Barat yang bernama Andhak Dhinata. Beliau adalah abdi Keraton Mataram atau abdinya Sultan Agung. Andhak Dhinata meninggal dunia pada tanggal 6 Juni 1969 atau dalam usia sekira 394 tahun.
Dalam sejarah perkembangan MARGALUYU  pada saat itu mengalami banyak hambatan mengingat waktu  adalah zaman penjajahan Belanda. Namun, Andhak Dhinata dengan telaten, sabar, dan semangat pantang menyerah, terus mendidik dan mengajarkan jurus-jurusnya kepada pemuda yang jumlahnya sangat terbatas dengan cara sembunyi-sembunyi sehingga perkembangannya sangat lamban.
Setelah Indonesia merdeka, maka pada tanggal 6 Juni 1946 berdirilah Gerak Badan Pencak (GBP) MARGALUYU secara resmi yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. GBP MARGALUYU  adalah perguruan bela diri yang tertua di Indonesia. Sejak saat itulah perkembangannya sudah terbuka dan mampu berkembang ke seluruh pelosok tanah air yang tercinta tanpa dipromosikan.
Pada tahun 1959 tepatnya tanggal 6 Juni, Andhak Dhinata dengan hati senang menerima usulan pencantuman simbol lambang yakni tangan memegang petir dan simbol kesatuan 151. Usul ini disampaikan oleh generasi penerusnya bernama H.S. Effendi yang belajar Gerak Badan Pencak Margalayu selama 3 tahun sejak 1956. Oleh karena itu, Andhak Dhinata dengan tegas memberikan amanah agar simbol dan lambang di atas diakui dan ditetapkan sebagai pemersatu seluruh warga MARGALUYU 151 YOGYAKARTA.

10 komentar:

  1. 1575? Apakah kerajaan Mataram Islam sudah ada pada tahun 1575?
    Manusia berumur 394 tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduhhhh baja dong pakk kerjaaan mataram islam berdiri 1555 yang di beri simbol dengan adanya anak tangga yang berjumlah 1555

      Hapus
  2. MARGALUYU 151 semoga tetap tambah jaya selamanya

    BalasHapus
  3. sejarah margaluyu 151 penuh kebohongan...!!!
    sang guru besar bpk efendi pun tidak mengakui sang pelatihnya yaitu bpk basuki,

    BalasHapus
  4. https://www.youtube.com/watch?v=t_Pmc5lImUc

    BalasHapus
  5. jadilah orang yg BIJAK dan CERDAS biar tidak menjadi salah kata dan pengertian jangan mencemooh biar tidak menjadi aib almamater

    BalasHapus
  6. Sebenarnya margaluyu151 itu baik dan pasti mengajarkan kebaikan.Tp sayang dari gubesnya tu nyewengin sejarah asal muasal margaluyu. Sejarah yg benar tu dari margaluyu pusat cikuya. Karna bisa membuktikan semua dengan adanya keluarga dan silsilah yg bisa di pertanggungjawabkan secara hukum.

    BalasHapus
  7. Panggah jejek margaluyu 151 ora pindah senajan goyahhhhhh

    BalasHapus